MENGENAL KARAKTER SYARIAH MARKETING
Syariah Marketing merupakan konsep marketing yang telah dijalankan berdasarkan konsep keislaman yang diajarkan oleh Nabi Muhammad S.A.W. Ko...
https://rohman-utm.blogspot.com/2018/04/mengenal-karakter-syariah-marketing.html
Syariah
Marketing merupakan konsep marketing yang telah dijalankan berdasarkan konsep
keislaman yang diajarkan oleh Nabi Muhammad S.A.W. Konsep Syariah Marketing
tergolong baru dan menjadi solusi alternative dalam praktek bisnis ditengah
persaingan usaha yang mulai meninggalkan nilai-nilai dari praktik bisnis yang
sesungguhnya. Syariah Marketing bukan hanya sebuah marketing yang ditambahkan
syariah, tetapi lebih jauhnya bermakna suatu pemahaman akan pentingnya
nilai-nilai etika dan moral pada praktik pemarasan yang harusnya masih sangat
relevan jika dijelaskan dan dipraktikkan secara detail kepada pelaku bisnis.
Syariah Marketing kini mulai diterapkan diberbagai perusahaan jasa, keuangan
syariah, secara operational dan manajerialnya telah menerapkan prinsip Syariah
Marketing, yakni Karakteristik Syariah Marketing. Mengingat bahwa seringkali
etika dari pemasar yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syariat Islam dan
meningkatnya jumlah nasabah Bank Syariah Mandiri dari tahun ke tahunnya.
Setidaknya ada 4 karakteristik dalam syariah marketing yang dapat
dijadikan pedoman bagi pemasar, yaitu : (1) Teistis (rabbaniyah) (2) Etis (akhlaqiyah)
(3) Realistis (al-waqi’iyyah) (4)
Humanistis (al-insaniyyah). Adapun
penjelasan secara detail, akan dijelaskan nanti